Minggu, 03 Maret 2013

Keistimewaan Bunglon...



Sudah 2 minggu blog ini kutinggalkan tanpa kulihat dan kurawat, kemanakah ts semala ini...?
Selama 2 minggu ini ts melakukan banyak sekali aktivitas dari usaha yang sedang ts rintis, sampai menjadi penguji di unjian praktek komputer di tempat ts ngajar saat ini, sehingga blog ini belum ts update lagi, kali ini ts ingin berbagi sebuah karya tulis yang di buat oleh anak didik yang menulis tentang keistimewaan bunglon, selamat menikmati ^_^.

Apa itu bunglon...?
Bunglon adalah sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku(familia) Agamidae. Kadal lain yang masih sesuku dengan bunglon adalah cecak terbang dan soa-soa. Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dan lain-lain. Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya, meskipun tidak sehebat perubahan warna chamaeleon (suku Chamaeleonidae). Biasanya berubah dari warna-warna cerah (hijau, kuning, atau abu-abu terang) menjadi warna yang lebih gelap, kecoklatan atau kehitaman.

Faktor apa aja ya yang menyebabkan perubahan warna pada bunglon ?
Mengutip penjelasan National Geographic ternyata penyebab bunglon berubah warna adalah :


Dimana tempat tinggal bunglon...?
Bunglon dapat kita jumpai di hutan hujan tropis, karena disitulah sumber makanannya berada berupa serangga.


Apa aja sih keistimewaan dari bunglon...?
1. Lidah bunglon memiliki lapisan yang sangat lengket untuk menangkap mangsanya, lapisan lengket tersebut berfungsi agar mangsanya tidak lepas saat menempel di lidah bunglon.


2. Di saat Bunglon merasa terancam , Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut mimikri. Hal ini berbeda dengan "kamuflase", yakni penyamaran bentuk atau warna hewan yang menyerupai makhluk hidup lain.

Jenis-jenis bunglon:


Yu kita lihat bagaimana bunglon berubah warna...:




Demikian artikel ini ts buat semoga bermanfaat buat kita semua... ^_^

2 komentar:

  1. videonya lucu... pernah nonton di On The Spot nya trans 7 waktu itu...

    BalasHapus
  2. haha mantap juga ternyata bunglon nih. jadi inget tokoh bunglon yg di tekken haha
    masirul

    BalasHapus