Selasa, 05 Februari 2013

Subhanallah, Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya...

Assalamu'alaikum, apa kabar saudara-saudara? semoga sehat semuanya ya, gimana kemarin sudah ada yang mencoba belum resep masakan dari chef ss...?(disini), kalo sudah kira-kira resep ntu ada manfaatnya ga ya buat tubuh kita(hmmm). Dari resep masakan ntu terdiri dari bahan-bahan sebagai berikut : ada tauge, bawang putih, bawang merah, cabe, tahu, udang rebon serta garam. Kira-kira apa ya manfaat dari bahan-bahan tersebut, kita cari tau yu...

Tauge


Taoge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, yang memiliki bagian putih dengan panjang hingga tiga sentimeter. Bentuk kecambah diperolah setelah biji diproses selama beberapa hari. Bentuk taoge memang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis sayuran lain, meskipun begitu, tumbuhan ini memiliki kandungan manfaat yang tidak kecil. Sayuran taoge jenis apapun, baik taoge kacang hijau, taoge kedelai, taoge alfafa, maupun jenis taoge lainnya mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam taoge alfafa. Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau taoge lebih bergizi.

Protein taoge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Kenapa bisa begitu? hal ini disebabkan, selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein. TAOGE BAGI KESEHATANBanyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah: Mencegah Kanker.

Proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker. Mencegah Serangan Jantung dan StrokePara penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen. Mencegah OsteoporosisEstrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping.

Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang. Membangkitkan Sistem Kekebalan TubuhSaponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Manfaat LainnyaKarena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan taoge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause Jadi mulai sekarang, apa salahnya untuk mencoba memusatkan perhatian kita terhadap tumbuhan di sekitar rumah, jangan tergantung kepada obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia, penyakit yang satu sembuh tetapi penyakit yang lain datang. Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil, karena siapa tahu di balik bentuknya yang kecil tersimpan manfaat yang sangat besar. Sumbernya disini.


Bawang Putih


Manfaat Bawang Putih – Bawang putih memang selalu identik dan berhubungan dengan bumbu dapur yang digunakan setiap hari ketika anda membuat sebuah makanan sehat. Namun, bawang putih memiliki manfaat lain selain sebagai bumbu utama sebuah masakan, yaitu baik untuk kesehatan tubuh. Itu disebabkan karena bawang putih memiliki beberapa kandungan zat yang berguna untuk kesehatan tubuh seperti kalsium, protein, lemak, fosfor, belerang, zat besi, bahkan vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C juga dimiliki oleh bawang putih. Untuk itu bawang putih sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Bawang Putit Bagi Kesehatan


Ada beberapa manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan, diantaranya :
  1. Mampu menormalkan kadar kolesterol.
  2. Mencegah penyakit jantung.
  3. Mencegah penyakit kanker.
  4. Mencegah tekanan dara tinggi.
  5. Melancarkan pencernaan.
  6. Baik digunakan untuk perawatan mata kita.
  7. Mencegah hipertensi.
  8. Menyembuhkan luka yang terinfeksi bakteri.
  9. Menyembuhkan penyakit asma.
  10. Membantu menyembuhkan berbagai penyakit kronis lainnya.

Di atas adalah beberapa manfaat dan khasiat dari bawang putih. Bagi anda yang memiliki beberapa masalah dan penyakit seperti yang disebutkan di atas, bisa mengkonsumsi bawang putih ini untuk mencegah dan mengobati penyakit anda.

Khasiat Bawang Putih

Banyak sekali manfaat bawang putih yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari secara teratur. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Moskow, telah berhasil menemukan bahwa bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol. Dengan bagitu, bisa diambil kesimpulan bawha khasiat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol memang sudah terbukti. Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi resiko akan terkena serangan jantung dan stroke secara tiba – tiba. Itulah beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh kita. Sumbernya disini




Bawang Merah
 

Bawang merah tidak hanya nikmat saat dicampur dalam sambal ulek atau renyah dalam bentuk bawang goreng. Bawang merah punya vitamin yang bisa dinikmati bila dimakan mentah. Bila dimasak, vitamin dan nutrisi penting dapat menghilang.

Inilah beberapa manfaat dari bawang merah mentah untuk kesehatan, seperti dikutip dari laman Bold Sky:

Mengatasi konstipasi. Serat dalam bawang merah mentah dapat melunturkan racun dan partikel keras makanan yang menempel pada usus.

Obat tenggorokan. Bila tenggorokan Anda sakit karena pilek dan batuk, minumlah jus bawang merah segar. Tambahkan madu atau gula merah pada jus.

Mengontrol diabetes. Bila dimakan mentah, bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin.

Menjaga jantung. Konsumsi bawang merah mentah secara rutin dapat melindungi jantung dari penyakit koroner. Bawang merah mentah dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tertutup.

Mengontrol level kolesterol. Bawang merah mengurangi level kolesterol jahat karena memiliki sulfur asam amino dan methylallyl sulfida.

Mencegah berkembangnya sel kanker. Bawang merah mengandung senyawa belerang yang melindungi perut, kolon, dada, paru-paru, dan kanker prostat serta mencegah tumbuhnya sel kanker.

Anda dapat memakan bawang merah mentah dalam sandwich, salad sayuran, atau sebagai topping hamburger. Agar baunya tidak mengganggu, sikatlah gigi setelah memakan bawang merah mentah. Sumbernya disini.


Cabe 

Siapa yang suka makan pedas? Menu makan siang rasanya tidak lengkap tanpa rasa pedas. Lalapan ayam goreng tidak nikmat tanpa kehadiran sambal, bahkan keripik singkong akan makin lezat dengan sensasi pedas. Nyam.. makanan pedas memang bisa memanjakan lidah. Selain menambah kenikmatan saat makan, cabai merah punya segudang manfaat sehat, simak!

Melawan Radang
Cabai merah telah lama dikenal sebagai bahan yang dapat melawan radang. Zat kapsaisin yang ditemukan dalam cabai merah akan menghambat neuropeptida yang bertanggung jawab pada proses peradangan. Salep atau krim yang mengandung kapsaisin juga banyak digunakan untuk mengobati nyeri rematik atau nyeri sendi.

Membantu Melegakan Pernapasan
Pernah ada yang bertanya-tanya mengapa makan sesuatu yang pedas saat sedang flu rasanya melegakan? Hal tersebut karena cabai merah dapat mengurangi rasa sakit. Rasa panas dan pedas pada cabai akan merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernapasan) untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Konsumsi cabai merah akan membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cabai merah kaya vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, perpaduan vitamin A, vitamin B dan vitamin C pada cabai merah akan membantu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Misalnya saja flu, batuk dan pilek. Vitamin A dapat menangkal infeksi misalnya saja pada paru-paru, saluran hidung, sayuran kandung kemih, dan saluran pencernaan.

Jantung Lebih Sehat
Cabai merah telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan trigliserida. Selain itu, cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga, sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.

Menjaga Berat Badan
Saat seseorang makan cabai merah, maka tubuhnya akan merasa panas. Itu adalah satu bukti bahwa cabai merah memiliki efek termogenik atau memproduksi panas di dalam tubuh, sebuah efek yang sama dengan olahraga. Selain itu, cabai merah membantu mempercepat proses pencernaan dan metabolisme tubuh.

Perlindungan Dari Kanker
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research, dilansir whfoods, selain ampuh melawan radang, kapsaisin pada cabai dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker prostat. Tetapi satu hal yang harus Anda waspadai, terlalu banyak mengonsumsi cabai justru bisa menaikkan risiko kanker perut, jadi berhati-hatilah.

Itu dia beberapa manfaat hebat si cabai merah. Ingat ya ladies, perhatikan jumlah yang Anda konsumsi! Semua yang berlebihan tidak baik. Anda suka makanan pedas apa? Sumbernya disini.


Tahu

Sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Di balik kelezatannya, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.

Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen.

Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu.
Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Selain mencegah kanker payudara, isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, susu kedelai, kecap, dan sejenisnya.  Sumbernya disini.
 


Udang Rebon
Di Indonesia, udang jenis ini disebut rebon. Sedangkan di mancanegara, lebih dikenal dengan nama terasi shirmp, karena udang asli Indonesia ini jarang sekali dikonsumsi segar. Tapi lebih sering dinikmati dalam bentuk olahan seperti abon, kerupuk udang maupun terasi.

Memang kiprah udang rebon di masyarakat sering dikatagorikan sebagai udangnya kaum marginal. Namun siapa sangka, dibalik bentuknya yang mungil itu tersimpan manfaat luar biasa bagi balita. Dalam 100 gram udang rebon segar itu mengandung protein sekitar 16,2 gram. Kadungan ini hampir sama dengan kandungan protein pada udang segar. Karena itu anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan banyak mengkonsumsi udang rebon. Bahkan udang rebon efektif dalam memperbaiki gizi bagi anak malnutrisi (kurang gizi).

Rebon sangat baik bagi anak dibawah umur satu tahun. Satu sendok makan rebon dapat memenuhi kebutuhan proteinnya. Secara umum, kebutuhan kalori pada balita itu sekitar 400 hingga 600 kalori, dan untuk protein biasanya 15 sampai 25 gram.

Pada anak-anak, protein sangat berperan dalam perkembangan sel otak. Sengkan pada orang dewasa, bila tejadi luka atau memar, protein dapat membangun kembali sel-sel yang rusak. Protein juga bisa menjadi bahan untuk energi bila keperluan tubuh akan karbohidrat dan lemak tidak terpenuhi. Protein pada udang rebon temasuk protein lengkap karena memiliki semua asam amino esensial.

Keunggulan lain dari udang adalah kalsiumnya yang tinggi. 100 gram udang rebon segar mengandung 757 mg kalsium, sedangkan dalam 100 gram udang rebon yang sudah dikeringkan sebanyak 2.306 mg. Dengan demikian, mengkonsumsi udang rebon sangat baik dalam mencegah osteoporosis. Disamping itu juga, udang rebon mempunyai kandungan fosfor yang cukup tinggi. Sumbernya disini.

Garam
 


Garam, adalah hasil bumi yang banyak digunakan orang khususnya untuk menambah rasa pada masakan. Orang akan merasa hambar jika masakan yang dimakannya tidak menggunakan garam, namun jika berlebih pun orang akan merasa terlalu asin sehingga kurang sedap untuk dikonsumsi.

Apapun bentuknya jika berlebih atau kurang pasti tidak akan baik, begitu juga dengan garam. Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, akan berdampak pada penyakit hipertensi.

Begitu juga jika orang yang kekurangan garam, orang tersebut akan menderita sakit gondok. Kedua penyakit ini sama bahayanya. Untuk itu kita harus benar-benar cermat dalam menggunakan garam khususnya untuk makanan. Namun apakah garam memiliki manfaat bagi kesehatan?

Menurut informasi kesehatan yang kami kutip dari http://xamthoneplus.biz, dijelaskan kalau garam memiliki manfaat yang cukup vital bagi kesehatan dan kehidupan. Dalam penjelasannya situs tersebut mengatakan, setiap orang pasti tau apa itu garam, selain disukai karena rasanya yang khas juga disukai karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Di dalam garam terkandung natrium yang dapat membantu keseimbangan cairan tubuh kita. Selain itu juga natrium dapat meningkatkan dan membantu otak kita, sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa dengan makan garam kita bisa jadi lebih cerdas.

Manfaat yang terkenal atas garam adalah khasiatnya yang dapat membantu kita dalam menyembuhkan penyakit gondok. Penyakit gondok merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan bengkak pada leher kita. Penyebab penyakit gondok adalah kekurangan garam atau zat yodium dalam tubuh kita. Untuk itu, sebaiknya kita jangan sampai kekurangan zat yodium.

Menurut artikel yang ane baca dari kompas.com ternyata tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa. Butiran mungil berwarna putih itu juga bisa digunakan untuk kesehatan mata dan gigi.

Berikut adalah manfaat garam untuk kesehatan mata dan gigi :

1. Pembasuh Mata.
Untuk meredakan sakit mata, dalam keadaan darurat gunakan air garam untuk membasuh mata. Bila keluhan tak berkurang, segeralah memeriksakannya ke dokter mata.

2. Obat Kumur.
Air hangat yang telah dibubuhi sedikit garam merupakan pencuci mulut yang efektif. Begitu juga bila terkena radang tenggorokan. Masukkan sedikit garam ke dalam air panas, aduk perlahan lalu gunakan sebagai obat kumur.

3. Gigi Putih.
Gigi yang terlihat kusam akan kembali cemerlang dengan cara menaburkan garam kering ke ujung bulu-bulu sikat gigi Anda saat akan menggosok gigi.

4. Sikat Gigi Awet.
Merendam sikat gigi yang masih baru dalam larutan air garam akan membuat sikat gigi menjadi lebih awet dipakai. Sumbernya disini.
 

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar