Minggu, 03 Februari 2013

Pesawat Terbang


Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Sejarah Penemuan Pesawat
Sejarah mencatat bahwa Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) adalah penemu pesawat terbang, karena mereka berhasil membangun sebuah pesawat terbang yang pertama kali dapat diterbangkan dan dikendalikan manusia pada tanggal 17 desember 1903. Wright Bersaudara bukanlah orang yang pertama membuat pesawat terbang, tetapi Wright Bersaudara bersaudara adalah orang yang pertama kali menemukan kendali pesawat, sehingga pesawat terbang dengan sayap yang kaku dapat dikendalikan. Terobosan yang paling besar adalah penemuan teknologi kontrol tiga sumbu yang digunakan oleh semua pesawat sekarang.

Beberapa orang yang pernah mencoba membuat pesawat :
1. Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910
2. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782.
3.  Ferdinand von Zeppelin berkebangsaan Jerman memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk mengangkut orang dan barang pada tahun 1900.

Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Tapi taukah kamu siapa yang pertama kali membuat dan mencoba menerbangkan Pesawat Terbang???

Ternyata yang pertama kali membuat dan mencoba menerbangkan pesawat terbang adalah seorang ilmuwan muslim yang bernama Abbas ibn Firnas.

Siapakan Abbas ibn Firnas???

Abbas Ibnu Firnas (810-887 AD), juga dikenal sebagai Abu Abbas Al-Qasim Ibnu Firnas Ibn al-Wirdas Takurini (Arab: عباس بن فرناس), adalah seorang Muslim Andalusia polymath: penemu, insinyur , penerbang, dokter, penyair Arab, dan musisi Andalusia, Keturunan Berber, ia lahir di Izn-Rand Onda, Al-Andalus (hari ini Ronda, Spanyol), dan tinggal di Emirat Córdoba.. Dia dikenal karena upaya awal untuk terbang.

Beberapa penemuan yang dihasilkan Abbas Ibnu Firnas :
1. Merancang Jam Air yang disebut Al-Maqata
2. Menyusun cara pembuatan kaca berwarna
3. Menemukan planispheres berbagai kaca
4. Membuat lensa korektif
5. Merancang rantai cincin yang dapat digunakan untuk mensimulasikan gerakan planet-planet dan bintang-bintang.
6. Mengembangkan proses untuk memotong batu kristal.

Dalam rumahnya ia membangun sebuah ruangan dimana orang-orang dapat melihat bintang, awan, guntur, dan petir, yang dihasilkan oleh mekanisme yang terletak di laboratorium lantai dasar rumahnya. Ia juga merancang "semacam metronome". 

Abbas Ibnu Firnas terinspirasi kejadian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, tetapi dia sadar bahwa manusia biasa tak mungkin bisa naik Bouraq kendaraan Nabi Saw untuk Isra’ Mi’ raj, karena dia hanya manusia biasa, bukan seorang nabi.

Namun demikian beliau selalu memimpikan agar suatu saat manusia bisa terbang bebas laksana burung di angkasa. Sekitar tahun 852 M, Ibnu Firnas (Armen Firman), mulai meneliti gerak aerodinamika, fisika udara, anatomi burung dan kelelawar. Sampai pada suatu saat beliau menyimpulkan bahwa manusia bisa terbang sehingga terciptalah sebuah alat terbang yang menggunakan prinsip kepakan/lambaian sayap seperti yang ada pada burung, kelelawar atau serangga.



Dalam percobaannya dia naik menara Masjid Cordoba, disaksikan oleh ribuan orang di bawahnya, lalu melompat dan melayang terbang sejauh kira-kira 3 KM dan mendarat dengan selamat. Ribuan orang bertepuk tangan dan terheran atas ciptaannya. Waktu itu dunia barat masih dalam masa kegelapan sehingga menganggap hal tersebut adalah sihir Ibnu Firnas. 500 tahun kemudian temuan Ibnu Firnas menjadi dasar literature Roger Bacon dalam megembangkan pesawat dan 200 tahun kemudian, tepatnya pada awal abad 19 menginspirasi Wright Bersaudara menciptakan pesawat terbang. 
 

Fakta diatas seharusnya menjadi bagian dari kajian pelajaran sejarah sehingga generasi sekarang khususnya umat muslim akan lebih bangga terhadap komunitasnya karena telah terbukti bahwa islam memang membangun peradaban dan seharusnya barat secara jujur mengakui dan tidak menyembunyikan fakta tersebut.
Sumber :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar