Senin, 11 Februari 2013

Jenis-Jenis Hewan Laut Yang Sering di Konsumsi(Bagian 1)

5 hari yang lalu ts pernah membuat artikel tentang Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut(yang belum baca silahkan ke tkp aje ya, disini), kira-kira jenis hewan laut apa aja ya yang paling banyak dijual dan di konsumsi? hmmm, yu kita cari tau dengan bertanya kepada mbah google, hehehe.

1. Ikan tenggiri 



Ikan Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. .(Sumber disini)

Ikan tenggiri memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

Kalori         : 112
Protein (gr)   : 21.4
Lemak (gr)     : 2.3
Kolesterol (mg): 33
Zat besi (mg)  : 0.9
 
Ikan tenggiri biasa diolah menjadi berbagai jenis makanan ada pempek, tekwan, baso, otak-otak, pepes dan lain-lain. Harga ikan tenggiri di pasaran biasanya dikisaran 50ribu sampai dengan 60ribu rupiah per kgnya.

2. Ikan Kakap Merah



Ikan kakap merah adalah salah satu jenis ikan kakap yang mempunyai sisik berwarna merah. Ikan ini menempati jumlah terbanyak dalam jenis ikan kakap yang banyak ditemui di perairan Laut Indonesia. Ikan ini juga merupakan salah satu favorit pemancing ikan di Indonesia.(Sumber disini)

Ikan Kakap memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

Kalori         : 111
Protein (gr)   : 24
Lemak (gr)     : 1
Kolesterol (mg): 46
Zat besi (mg)  : 0.7

Selain memiliki kandungan gizi tersebut ternyata ikan kakap merah juga memiliki berbagai kandungan mineral yang sangat baik buat kesehatan kita, diantaranya :

Sumber Selenium

Kakap merah mengandung selenium sekitar setengah dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Ikan Kakap dengan porsi sebesar 250gr mengandung 32,5 mcg mineral selenium. Selenium adalah mineral penting untuk mencegah terjadinya oksidasi lemak, menurut ahli gizi Phyllis A. Balch, penulis buku "Prescription for Nutritional Healing." Fungsi selenium sebagai antioksidan sangat efektik bila di kombinasikan dengan vitamin E.

Kaya Mineral Fosfor

Kakap merah mengandung fosfor sekitar 20% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250gr porsi kakap merah mengandung 168mg mineral tersebut. Fosfor adalah nutrisi penting untuk berbagai fungsi, terutama yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan kepadatan tulang. 85% dari fosfor ditemukan dalam tulang ikan kakap tersebut, menurut Pusat Linus Pauling Institute Micronutrient Information. Fosfor ini juga berfungsi sabagai zat alkalinase tubuh, yang dibutuhkan dalam sistem tubuh apabila tubuh terlalu asam karena racun yang berlebihan.

Sumber Protein

Kakap merah mengandung protein sekitar 33% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250gr porsi kakap merah mengandung 17,4mg protein(Riset/penelitian pada Ikan Tenggiri yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.). Protein diperlukan untuk produksi  energi, hormon, enzim, jaringan dan antibodi. Komponen protein adalah asam amino yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh.

Mengandung Vitamin D

Kakap Merah menyediakan vitamin D hampir seluruh nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250gr porsi ikan kakap mengandung 347 IU vitamin D. Vitamin D penting untuk metabolisme kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang.(Sumber disini)
Harga Ikan Kakap Merah di pasaran sekitar kisaran 50ribu sampai 70ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar